Benarkah Nama Domain Mengandung Keyword Bagus untuk SEO?

Pemilihan nama domain seringkali menjadi perimbangan saat mau membuat website. Di satu sisi ada pertimbangan unsur kemudahan untuk diingat di sisi lain ada yang memilih nama domain yang mengandung keyword tertentu meskipun tidak sesuai nama brand. Lalu benarkah nama domain yang mengandung keyword itu bagus untuk SEO?

Jawaban singkatnya tidak. Nama domain mengandung keyword tertaget tidak berpengaruh pada SEO. Hal ini disampaikan oleh mas Aldrich dalam event Google for Publisher pada 2017 yang lalu. Hanya saja hal itu sudah terlanjur menjadi mitos yang diyakini banyak orang.

Seperti Nama Pada Manusia

Nama domain sama halnya dengan nama yang diberikan pada manusia. Seringkali nama yang disandang seseorang tidak menunjukkan karakter aslinya. Sebagai contoh ada seseorang yang diberi nama Suja’i diambil dari bahasa Arab yang artinya pemberani namun ternyata orangnya sangat penakut.

Mashur atau tidaknya seseorang di masyarakat seringkali bukan karena namanya melainkan karena perilakunya. Website juga begitu. Boleh jadi nama domain tidak jelas tetapi konten website yang dibagikan sangat bermanfaat maka akan mendapat skor bagus dari mesin pencari. Sebaliknya nama domain sesuai keyword yang dibidik namun konten yang diterbitkannya tidak memadai maka boleh jadi tidak begitu diminati oleh mesin pencari.

SEO Memiliki Banyak Faktor

Optimasi website untuk SEO bukanlah mengacu pada faktor tunggal melainkan banyak faktor yang perlu diperhatikan. Kualitas konten, kecepatan akses website, backlink, dan faktor lainnya saling terkait satu sama lain. Sehingga nama domain bukanlah menjadi hal utama dalam urusannya terkait SEO.

Katakanlah nama domain jasapembuatanwebsite.com belum tentu berada pada halaman pertama hasil pencarian Google jika seseorang mencarinya menggunakan kata “jasa pembuatan website”. Karena sekali lagi kalau nama domain yang bagus namun tidak didukung dengan bagusnya faktor SEO yang lain maka akan kalah bersaing dengan kompetitor.

Gunakan Nama Domain Sesuai Brand

Mas Aldrich pada event GFP itu menyarankan webmaster untuk menggunakan nama domain sesuai brand yang dijalankan. Algoritma mesin pencari selalu berubah setiap saat. Jika seseorang memaksakan diri untuk membidik keyword tertentu menggunakan website utama akan buang-buang waktu saja. Apalagi jika webmaster tersebut sampai mengabaikan brand yang dijalankan.

Keuntungan penggunaan nama domain sesuai brand adalah memudahkan seseorang mencari atau menemukan kita melalui nama brand. Melalui brand itulah kita bisa membidik keyword untuk memasarkan produk. Dengan begitu, kita bisa ditemukan melalui dua cara yaitu melalui keyword tertarget dan melalui nama brand.

Namun semua itu kembali ke masing-masing webmaster apakah mereka tujuannya menggunakan SEO untuk mengembangkan brand atau untuk tujuan lain.

Photo of author

Ahmad Budairi

I'm a web developer and I really like writing articles

Contact

Noborejo Argomulyo, Salatiga 50736
Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Sabtu, Minggu09:00 – 17:00

Connect

Subscribe

Join our email list to receive the latest updates.

%d blogger menyukai ini: