Perbedaan Domain dengan Hosting

Domain dan hosting adalah kesatuan yang hampir tidak dapat dipisahkan dalam pembuatan website. Keduanya memiliki fungsi dan tugas yang berbeda. Namun, tidak semua orang mengetahui apa itu domain dan apa itu hosting. Hal itu terkadang bisa menjadi kendala saat seorang web developer menjelaskan hal teknis mengenai proses pembuatan website.

Artikel ini akan membahas mengenai keduanya secara sederhana. Tujuannya adalah untuk memberikan sedikit gambaran mengenai domain dan hosting agar mudah dipahami.

Domain Itu Apa?

Domain adalah nama alamat sebuah website yang berguna untuk memudahkan seseorang mengunjunginya. Contoh nama domain adalah nusagates.co.id yang dapat dikunjungi seseorang melalui browser. Sebuah domain ibarat nama julukan untuk sebuah website. Sedangkan nama aslinya adalah sebuah alamat IP semisal 192.168.1.12.

Secara umum, domain dibedakan menjadi dua yaitu domain lokal dan domain internasional. Domain local yaitu domain yang menunjukkan sebuah lokal atau negara seperti .id untuk domain Indonesia, .my untuk domain Malaysia, dan .sg untuk domain Singapura. Sedangkan domain internasional tidak merujuk pada negara manapun seperti .com, .net, atau .org.

Apa Kegunaan Domain Itu?

Domain berguna untuk menyederhanakan penamaan sebuah website. Dengan digunakannya nama domain maka seseorang akan lebih mudah untuk mengingat alamat sebuah website daripada mengingat alamat IP. Contohnya adalah seseorang akan lebih mudah mengingat nama nusagates.co.id daripada mengingat alamat IP 192.168.1.12.

Domain juga berguna untuk memudahkan pengelolaan server. Satu server yang hanya memiliki satu alamat IP bisa digunakan untuk beberapa website menggunakan nama domain yang berbeda-beda. Sebagai contoh website nusagates.co.id dan website nusagates.com dihost menggunakan satu server dengan satu alamat IP.

Apa Hosting Itu?

Hosting adalah sebuah tempat atau wadah yang digunakan untuk menyimpan data website. Gambar, teks, audio, video atau data lain yang bisa diakses melalui website disimpan pada hosting itu. Untuk dapat menjalankan website, sebuah komputer membutuhkan teknologi web server seperti Nginx, Apache, Litespeed, IIS, atau lainnya. Web server itu semacam software yang diinstall pada sebuah komputer yang kegunaannya khusus untuk menjalankan website. Komputer yang digunakan sebagai server web itu bisa dikatakan sebagai hosting.

Hosting memiliki beberapa jenis antara lain shared hosting, VPS, dedicated server, cloud server, dan lain sebagaainya. Penjelasan lebih detail masing-masing jenis hosting itu akan dibahas pada artikel yang lain.

Perbedaan Domain dengan Hosting

Domain dan hosting bisa dianalogikan seperti rumah dan alamat jalannya. Alamat jalan untuk menuju rumah itu adalah domain sedangkan bangunan rumah adalah hostingnya. Alamat IP ibarat koordinat lintang dan koordinat bujurnya.

Contact

Noborejo Argomulyo, Salatiga 50736
Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Sabtu, Minggu09:00 – 17:00

Connect

Subscribe

Join our email list to receive the latest updates.

%d blogger menyukai ini: