SEO Dasar: Perbedaan Antara Crawling, Indexing, Rendering, dan Ranking

SEO adalah hal yang sangat dibutuhkan di dalam bidang internet marketing. Berbicara tentang SEO berarti berbicara tentang upaya webmaster dalam membantu mesin pencari menemukan konten website yang dikelolanya.

Pembahasan pada artikel ini sebetulnya sudah tersedia di dokumentasi Google dengan sangat detail dan jelas. Hanya saja, terkadang, seseorang lebih suka membaca artikel ringan daripada membaca dokumentasi resminya.

Pengertian Crawling

Crawling adalah proses pencarian atau penemuan halaman baru atau yang diperbarui. Daftar URL yang di-crawling oleh Google didapat dari mengikuti sebuah link atau rujukan, membaca peta situs, atau cara lainnya.

Proses crawling ini akan melakukan pemecahan struktur data atau konten website yang sedang dicrawlnya itu. Hal ini dilakukan untuk memudahkan Google melalukan klasifikasi, numerasi, pemberian ranking, atau hal lainnya.

Di sini dapat dilihat bahwa kegunaan sitemaps adalah untuk memberitahu Google bahwa website kita memiliki daftar URL yang siap untuk digarap atau di-crawling.

Pengertian Rendering

Rendering adalah proses penyusunan kembali konten yang telah dipecah atau diekstrak saat proses crawling. Pada tahapan ini, Google menyematkan tanda pada bagian-bagian tertentu untuk didaftarkan pada index.

Konten website yang dibuat dengan mengikuti panduan Google Webmaster akan mudah dirender oleh Google secara maksimal. Penggunaan skema microdata sangat membantu Google pada tahapan ini.

Pengertian Indexing

Indexing adalah proses pengambilan sebuah halaman setelah di-crawling untuk ditambahakan ke index atau database. Proses indexing ini tidak dapat ditebak. Tidak semua URL yang diajukan melalui sitemap dijamin akan diindex semua. Lama atau cepatnya suatu URL masuk index Google juga tidak diketahui secara pasti.

Secara sederhana proses indexing dapat dikatakan sebagai proses Google mencatat daftar URL yang lolos seleksi untuk ditampilkan di halaman pencariannya. Jika tidak lolos seleksi maka URL tersebut tidak akan ditemukan saat dicari melalui pencarian Google.

Pengertian Ranking

Ranking adalah proses pemberian peringkat pada URL yang telah diindex oleh Google. Banyak faktor yang digunakan untuk memberikan peringkat ini. Algoritma pemringkatan Google selalu berubah-ubah setiap waktu untuk disesuaiakan dengan kebutuhan.

Setiap webmaster ingin konten websitenya mendapat peringkat yang bagus. Dengan mendapat peringkat yang bagus artinya konten websitenya dapat ditemukan pada halaman pencarian Google halaman pertama.

Untuk mendapat peringkat yang bagus di Google, seorang webmaster perlu mengikuti panduan SEO yang disediakan oleh Google. Mereka harus bersaing dengan kompetitor untuk mendapatkan peringkat yang diinginkan itu.

Contact

Noborejo Argomulyo, Salatiga 50736
Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Sabtu, Minggu09:00 – 17:00

Connect

Subscribe

Join our email list to receive the latest updates.

%d blogger menyukai ini: