Blogspot atau WordPress, Manakah yang Lebih Baik?

Sudah tak asing lagi bukan jika mendengar kata “Blogspot” dan “WordPress”, apalagi para blogger. 2 tool tersebut merupakan platform blogging yang paling umum digunakan. Secara singkat, Blogspot adalah platform blogging yang sederhana dibandingkan WordPress yang memiliki fitur lebih lengkap dan merupakan Content Management System (CMS). Eitss jangan langsung menilai bahwa lebih baik WordPress ya, semua pasti ada plus minusnya masing-masing. Untuk penjelasan lebih lengkapnya simak di bawah ini ya!

Apa itu Blogspot?

Nah, untuk yang pertama kita akan membahas tentang Blogspot. Blogspot itu sendiri merupakan platform blogging untuk membuat blog secara gratis. Platform ini dikembangkan oleh Google. Blogspot ini dikenal dari dulu hingga sekarang sebagai platform blogging yang user-friendly atau mudah digunakan oleh siapa saja. Dengan adanya Blogspot ini, kalian bisa membuat blog dengan mudah dan cepat, lalu bisa langsung mempublikasikan postingan blog yang kalian inginkan. Oleh karena semua kegiatan yang ada di dalam platform blogging ini gratis, maka platform ini cocok sekali bagi pemula yang baru mau memulai membuat blog. 

Apa itu WordPress?

Selanjutnya kita akan membahas mengenai WordPress . Untuk WordPress sendiri agak sedikit berbeda dengan Blogspot karena WordPress tidak hanya memiliki 1 layanan. WordPress terdiri dari 2 layanan yaitu WordPress.com dan WordPress.org. WordPress.com merupakan hosted service yang digunakan untuk membuat blog secara gratis, kalian bisa mengupgrade ke akses premium untuk mendapatkan fitur-fitur yang lebih lengkap. Sedangkan WordPress.org merupakan self-hosted dan merupakan proyek open-source sehingga memiliki layanan fitur yang lebih canggih. 

WordPress yang biasa kita jumpai di internet adalah WordPress.org. Platform ini bisa diinstal secara gratis tetapi jika kalian ingin membuat blog ataupun website,  kalian perlu untuk membeli hosting dan mendaftarkan domain terlebih dahulu. Jika masih bingung, Nusagates menyediakan layanan pembuatan website, langsung saja hubungi kami karena Nusagates akan membantu sampai tuntas.

Kelebihan dan Kekurangan Blogspot dan WordPress

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari kedua platform tersebut, antara lain: 

1. Penggunaan

Dalam hal pembuatan dan penggunaan, Blogspot cenderung lebih mudah digunakan karena cukup memakai akun Google saja. Sedangkan WordPress seperti yang sudah dijelaskan diatas perlu membeli hosting dan mendaftarkan domain terlebih dahulu, memang lebih ribet tetapi fitur yang akan didapatkan pun setimpal.

2. Pengelolaan

Selanjutnya untuk pengelolaan dari platform tersebut sendiri jelas berbeda. Perlu diingat bahwa ketika kita akan mengelola blog berarti kita harus selalu mengupdate sistem yang digunakan dan tidak lupa untuk menerapkan Search Engine Optimalization (SEO). Cukup terlihat perbedaan antara kedua platform ini. Blogspot sendiri dalam hal pengelolaan masih kurang dan cukup ribet karena fitur yang ditawarkan cukup terbatas, akan tetapi monetasinya terbilang cukup mudah. Nah, untuk WordPress di sini memiliki fitur yang cukup lengkap dimana hal tersebut memudahkan kita untuk mengelola blog itu. Dalam hal maintenance pun cukup diuntungkan karena tool yang ditawarkan di dalam WordPress ini pun cukup banyak yang tersedia. Akan tetapi, dalam hal ini monetasi cukup sulit dilakukan. 

3. Performa

Jika kita membahas tentang performa dari platform blogging, 2 hal yang menjadi patokan untuk mengukur performanya adalah waktu loading dan kecepagan backend situs (dashboard). Untuk performa Blogspot sendiri tidak perlu diragukan karena hosted dalam platform ini di dukung oleh Google, jarang sekali ditemukan adanya waktu loading. Terlebih lagi, dikarenakan desain yang digunakan simpel dan tidak ribet, hal ini juga mendukung performa Blogspot itu sendiri. Tidak mau kalah dari Blogspot, WordPress pun memiliki performa yang apik. Akan tetapi, kembali lagi karena platform ini adalah self-hosted, maka performa dari platform ini pun tergantung dari provider hosting yang kita pilih. Untuk itu pilihlah provider hosting yang terpercaya dan memiliki track record baik dalam hal performa.

4. Keamanan

Ketika berbicara mengenai keamanan, itu merupakan salah satu hal terpenting dalam mengelola blog. Zaman sekarang ini hacker bisa dengan mudah untuk membobol blog kita. Jadi, kita harus pintar-pintar untuk mengelola keamanan dari blog kita. Untuk Blogspot seperti kita tahu karena didukung oleh Google maka tak perlu diragukan lagi keamanannya. Sedikit disayangkan karena di dalam platform ini pengaturan keamanan default tidak dapat diubah-ubah karena menggunakan closed platform. Sedangkan untuk WordPress sendiri dikarenakan merupakan platform open-source menjadikan WordPress menjadi incaran hacker. Tidak perlu khawatir karena sudah disediakan fitur untuk melindunginya karena terdapat Content Management System (CMS). Terlebih dalam WordPress kalian dapat mengubah peraturan sesuai yang kalian inginkan untuk meningkatkan keamanan. 

Itulah tadi beberapa hal yang bisa kita kupas mengenai 2 platform blogging. Ada plus minus dari masing-masing platform, tinggal kita sesuaikan demgan kebutuhan kita. Bagaimana? Sudahkah menentukan pilihan mau menggunakan WordPress atau Blogspot?