Manfaat dan Cara Memaksimalkan Domain

TLD (Top Level Domain) mungkin terlihat sepele, namun sebenarnya TLD sangat mempengaruhi trust pelanggan. Jangan ragu untuk membeli domain untuk website pribadi maupun bisnis. Harga domain sebenarnya tidak terlalu mahal dan tentu saja sebanding dengan manfaat yang akan dirasakan.

Apa itu Domain

Domain secara sederhana merupakan alamat dari sebuah website. Alamat ini dapat diakses secara online. Contohnya adalah google.com atau yahoo.com, dimana kalau kita mengetik di browser, kita akan diarahkan menuju ke website/ landing page. Tulisan yang berada di kolom URL merupakan informasi domain dari website yang kita buka. Domain bukan hanya yang berakhiran .com saja, ada domain .id, .onlin, .co.id, .sch.id, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

5 Manfaat Domain

Domain tidak hanya sekedar alamat website saja. Domain memiliki manfaat yang akan sangat emnguntungkan personal branding maupun usaha/ company. Bahkan, beberapa orang lebih mengenal domain dibandingkan nama brand secara lengkap. Makanya, sangat penting untuk mempertimbangkan nama domain dengan matang karena domain adalah wajah perusahaan/ personal di ranah dunia internet. Manfaat domain antaralain:

Membangun branding

Tidak hanya mencari nama atau profil orang di media sosial, pengguna internet juga mencari profil seseorang di mesin pencari. Domain bisa digunakan sebagai personal branding, dimana website kita dialamatkan dengan nama atau julukan yang ingin kita tonjolkan. Penggunaan domain untuk personal branding harus diimbangi dengan tulisan-tulisan yang mencerminkan isi pikiran kita, ide-ide kita, juga aktivitas kita.

Membuat email profesional

Domain yang sudah kita punyai bisa kita manfaatkan untuk membuat email custom. Jika biasanya email diakhiri dengan @gmail.com, @yahoo.com, maka kita bisa menggantinya sesuai nama website kita, misalnya, [email protected] Penggunaan email custom pada personal maupun perusahaan akan meningkatkan kesan profesional.

Membangun toko online yang menguntungkan

Berjualan online melalui marketplace memang gratis dan menggiurkan, namun kita tetap emmbutuhkan custom domain untuk meningkatkan trust pelanggan. Bahkan, kita bisa membuat diversifikasi penjualan. Misalnya, untuk toko di marketplace kita hanya melayani pembelian ecer. Sementara di toko online dengan menggunakan custom domain, kita menjual barang dalam bentuk grosir.

Toko online tidak hanya diisi dengan barang dagangan saja. Kita bissa mengisinya dengan hal-hal apa saja yang perlu diketahui oleh pelanggan tentang produk kita. Misalnya, jika kita sedang berjualan pakaian bayi, maka ada baiknya kita menerbitkan informasi jenis-jenis bahan pakaian bayi dan rekomendasi yang paling aman dan nyaman untuk bayi.

Membuat custom domain untuk blogger anda

Platform blog dari google ini sangat digemari para blogger baru sampai yang profesional. Pasalnya blogger memang memiliki tampilan yang sederhana, mudah dipelajari, dan disukai oleh mesin pencari google sendiri. Kalau kita menggunakan domain gratis, maka domain yang diberikan adalah .blogspot.com terlihat tidak profesional. Custom domain akan membuat blog kita semakin terlihat profesional. Selain itu, jika kita melakukan custom domain dengan blogger, kita akan mendapatkan hosting unlimited secara gratis.

Mendapatkan keuntungan dari menjual domain

Betul, domain dapat kita jual kembali. Layaknya sebuah properti, bisa saja domain yang kita beli dan kita bangun harganya naik. Contoh paling menggiurkan adalah menyasar domain dengan nama para pesohor politik. Ketika mereka akan mencalonkan diri, otomatis mereka akan mencari domain yang sesuai dengan branding mereka. Demi nama domain yang bagus dan meyakinkan, mereka rela merogoh kocek dalam.

Cara Membeli Domain

Setelah mengetahui apa itu domain dan manfaatnya, kita tinggal membeli domain yang sesuai kebutuhan kita. Bagi yang baru pertama kali, ingat bahwa sekali beli domain maka dapat langsung digunakan. Salah satu platform penyedia domain yang mudah dikelola adalah Niagahoster. Cara membeli domain di Niagahoster cukup mudah, langkah-langkahnya adalah:

  1. Pertama, silahkan pilih penyedia layanan domain. Saya menyarankan penyedia yang terpercaya seperti Niagahoster untuk keperluan domain. Di sana kita juga bisa beli domain tanpa hosting. Jadi bisa lebih leluasa memilih paket domain. Pilihan domain yang disediakan juga banyak dan harga domain yang disediakan juga terjangkau.
  2. Kedua, akan dilakukan pengecekan. Apakah domain yang akan kalian beli tersedia atau tidak. Karena domain tidak boleh sama satu dengan yang lain.
  3. Ketiga, menyelesaikan pendaftaran domain yang biasanya hanya beberapa informasi sederhana tentang website dan pemiliknya. Kemudian juga menyelesaikan pembayaran.
  4. Keempat, melakukan verifikasi melalui email. Untuk memastikan bahwa memang kita pemilik dari domain tersebut. Dan selesai! Selamat domain kalian dapat langsung dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Jangan sungkan untuk menghubungi customer service jika mengalami kendala.

Kesimpulan

Begitulah sekilas pengertian tentang domain dan apa saja manfaatnya. Ternyata ada banyak manfaat membeli domain selain hanya untuk keperluan blog pribadi kita. Custom domain memang sangat kuat untuk membangun branding. Entah untuk diri sendiri ataupun untuk usaha kita. Dengan langkah yang tepat, modal yang kita keluarkan untuk membeli domain bisa saja menjadi cuan di kemudian hari.

Tinggalkan komentar

Contact

Noborejo Argomulyo, Salatiga 50736
Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Sabtu, Minggu09:00 – 17:00

Connect

Subscribe

Join our email list to receive the latest updates.

%d blogger menyukai ini: