Eksperimen Sederhana; Tumbuhan pun Berkeringat

Benarkah tumbuhan itu makhluk hidup? Bukankah ia tak bisa bicara dan melihat, tidak pernah terlihat bernapas atau makan seperti manusia dan hewan? Eksperimen sederhana tidak hanya membahas dasar-dasar ilmu kimia dan fisika. Anak-anak bisa dikenalkan dengan ilmu biologi sederhana yang memotivasi mereka mengenal alam dan lingkungan di sekitar dan mendapatkan pengetahuan untuk menjawab rasa ingin tahunya.

Percobaan kali ini membahas tentang ilmu biologi, yaitu untuk membuktikan bahwa tumbuhan juga bernapas. Bernapas adalah salah satu ciri makhluk hidup. ketika proses pernapasan itu terjadi, maka transpirasi akan menyertai. Transpirasi adalah poses penguapan yang memerlukan peran air dan udara.

Bagi tumbuhan, transpirasi tidak terlihat secara langsung dalam kehidupan sehari-hari namun dengan percobaan sederhana ini proses transpirasi bisa lebih mudah dipahami. Sebagai perbandingan, perlakuan pada tumbuhan dalam percobaan ini juga dilakukan pada benda mati.

Alat dan Bahan Eksperimen Sederhana; Tumbuhan pun Berkeringat

Eksperimen Sederhana – Tumbuhan pun Berkeringat – Alat dan Bahan
  • Tanaman berdaun
  • Kantong Plastik
  • Karet Gelang atau selotip
  • Wadah kosong (toples atau botol kosong)

Langkah-langkah Eksperimen Sederhana; Tumbuhan pun Berkeringat

  1. Siapkan tanaman dengan daun dan wadah kosong. Untuk lebih mudah bisa gunakan tanaman dalam pot.
  2. Bungkus wadah kosong dengan kantong plastik dengan menyisakan sebagian ruang kosong dalam kantong
  3. Bungkus daun tanaman dengan kantong plastik, selotip bagian bawah kantong atau rekatkan dengan karet gelang.
Eksperimen Sederhana – Langkah-langkah Eksperimen Tumbuhan pun Bernapas

4. Diamkan hingga sekitar 2 jam

5. Lihat perbedaannya. Pada kantong plastik yang membungkus wadah kosong tidak tampak satupun perubahan. Kantong plastik tetap mulus kosong seperti semula. Sedangkan pada kantong plastik yang membungkus daun tanaman terlihat tetesan air yang menempel di bagian dalam kantong. Tetesan yang mirip keringat ini adalah air yang terlepas dari tumbuhan dalam proses pernapasan.

Eksperimen Sederhana – Tumbuhan pun Bernapas.

Penjelasan Eksperimen Sederhana; Tumbuhan pun Berkeringat

Ketika bernapas menarik udara di sekitarnya, tumbuhan membuka stomata (bagian tubuh tumbuhan yang terdapat dalam daun) agar mampu menyerap udara, maka tumbuhan melepaskan air dan tampak sebagai tetesan pada kantong plastik yang membungkus dedaunan dalam eksperimen sederhana kali ini. Nah, bahwa tumbuhan adalah makhluk hidup yang “berkeringat” pun terbukti. Yuk lanjutkan dengan berbagai eksperimen lain untuk menambah wawasan dan pengetahuan.

Tinggalkan komentar

Contact

Noborejo Argomulyo, Salatiga 50736
Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Sabtu, Minggu09:00 – 17:00

Connect

Subscribe

Join our email list to receive the latest updates.

%d blogger menyukai ini: