Eksperimen Sederhana | Membuat Surat Rahasia

Mengajarkan ilmu pengetahuan kepada anak-anak dengan memanfaatkan benda-benda di sekitar banyak memberkan keuntungan. Bahan mudah disiapkan, biaya lebih murah, anak-anak lebih mudah mengingatnya, dan bisa diulang berkali-kali untuk bermain sambil belajar. Membuat surat rahasia adalah salah satu eksperimen sederhana yang bisa dilakukan di rumah.

Surat rahasia sebagai bagian praktikum ilmiah sederhana bisa diibaratkan sedang bermain mengirim kode rahasia di sebuah medan peperangan. Seperti para pejuang kemerdekaan yang sedang bergerilya di zaman dahulu, untuk saling mengirim kabar antar pasukan yang terpisah oleh wilayah tertentu biasanya memanfaatkan surat dengan kode-kode khusus agar koordinasi tersebut tidak diketahui musuh.

Menulis dan membaca surat rahasia dilakukan dengan cara khusus. Hanya pengirim dan penerima surat yang bisa memahaminya agar info tersebut tidak diketahui banyak orang. Praktikum ilmiah sederhana membuat surat rahasia ini memberikan pengetahuan tentang peristiwa oksidasi.

Bahan dan Alat Membuat Surat Rahasia:

  • Mangkok plastik atau kaca
  • Air perasan jeruk nipis/lemon
  • Cotton bud
  • Selembar Kertas HVS
  • Lilin atau lampu senter yang panas

Langkah-langkah Membuat Surat Rahasia:

  1. Peras jeruk nipis/lemon di atas mangkok.
  2. Celup ujung cotton bud ke dalam air perasan jeruk nipis/lemon.
  3. Jadikan cotton bud layaknya pena untuk menulis di atas kertas HVS putih. Hati-hati saat menulis di atas kertas, jaga agar kertas tidak sampai robek.
  4. Angin-anginkan hingga kertas mengering dan tulisan tak tampak.
  5. Letakkan kertas HVS yang telah ditulisi menggunakan air jeruk di atas nyala lilin (kertas jangan sampai terbakar) atau lampu yang panas.
  6. Tulisan yang telah mengering akan kembali terlihat akibat panas yang ditimbulkan pembakaran lilin atau nyala lampu.

Tulisan pada kertas surat rahasia bisa muncul kembali akibat pemanasan. Hal ini terjadi karena peristiwa oksidasi pada air perasan jeruk. Air perasa jeruk nipis/lemon mengandung senyawa organik yang akan teroksidasi dan berubah warna ketika dipanaskan.

Peristiwa oksidasi pada buah bisa dilihat juga pada menghitamnya buah apel ketika telah dikupas kulitnya. Bahan-bahan yang mengandung senyawa organik tertentu seperti cuka, air jus bawang putih atau susu murni bisa mengalami oksidasi seperti yang ditunjukkan oleh air perasan jeruk dalam praktikum ilmiah sederhana membuat surat rahasia.

Tinggalkan komentar

Contact

Noborejo Argomulyo, Salatiga 50736
Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Sabtu, Minggu09:00 – 17:00

Connect

Subscribe

Join our email list to receive the latest updates.

%d blogger menyukai ini: