Eksperimen sederhana: Botol Peniup Balon

Belajar dasar-dasar pengetahuan ilmiah tak perlu perlengkapan mahal dan gedung megah. Asal paham kandungan zat di dalam bahan atau produk yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari, serta dasar reaksi antar zat dan senyawa, eksperimen sederhana tentang reaksi kimia dan fisika bisa dipelajari dengan memanfaatkan barang, bahan dan peralatan yang ada di rumah. Eksperimen sederhana botol peniup balon adalah eksperimen yang bisa dilakukan dengan bahan dapur di rumah.

Alat dan Bahan Eksperimen Sederhana Botol Peniup Balon:

Eksperimen Sederhana – Botol Peniup Balon, alat dan bahan
  • 1 balon tiup
  • Sendok dan corong
  • 1 botol bekas minuman
  • ¼ gelas soda kue (semakin banyak makin baik)
  • Cuka dapur secukupnya (semakin banyak semakin baik)
  • ¼ gelas air/ secukupnya

Langkah eksperimen sederhana Botol Peniup Balon

1. Siapkan alat dan bahan membuat botol peniup balon

2. Tuang soda kue dalam balon menggunakan corong. Jika tidak ada corong plastik bisa membuat corong dari kertas tebal, kemudian soda kue dimasukkan dengan cara menuangnya sedikit demi sedikit ke sendok makan untuk kemudian dimasukkan dalam botol dengan bantuan corong kertas.

Eksperimen Sederhana – Botol Peniup Balon

3. Tuang air ke dalam botol bekas. Masukkan cuka ke dalam botol.

Eksperimen Sederhana – Botol Peniup Balon

4. Pasang balon berisi soda kue ke mulut botol dengan cara botol dimiringkan agar soda kue tidak tumpah ke dalam botol.

Eksperimen Sederhana – Botol Peniup Balon

5. Setelah mulut botol tertutup sempurna dengan balon, tegakkan dan goyang-goyangkan balon berisi soda kue. Langkah ini bertujuan mencampurkan soda kue dengan larutan air cuka dalam botol.

Eksperimen Sederhana – Botol Peniup Balon

6. Tunggu beberapa saat, akan terjadi reaksi dalam botol. Terdengar suara gas mendesis dalam botol. Kemudian balon yang semula kempis perlahan mengembang seolah sedang ditiup oleh botol berisi larutan cuka.

Eksperimen Sederhana – Botol Peniup Balon

Semakin banyak larutan cuka dan soda kue yang digunakan maka balon semakin mengembang oleh gas yang dihasilkan oleh reaksi antara larutan cuka dan soda kue.

Kenapa Bisa?

Gas yang dihasilkan oleh reaksi antara larutan cuka dan asam kue adalah gas karbondioksida. Gas ini terdorong dari botol dan mengisi balon sehingga balon perlahan akan mengembang. Meski terlihat sedang bermain-main eksperimen sederhana tersebut bisa menambah pengetahuan dasar anak-anak tentang ilmu kimia. Senang ya bermain sambil belajar? Yuk lakukan berbagai percobaan lain untuk meningkatkan wawasan.

Tinggalkan komentar

Contact

Noborejo Argomulyo, Salatiga 50736
Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Sabtu, Minggu09:00 – 17:00

Connect

Subscribe

Join our email list to receive the latest updates.

%d blogger menyukai ini: