12 Amalan Ramadhan, Jangan Lewatkan Satu pun

Selamat datang bulan Ramadhan! Nggak terasa ya, Ramadhan sudah di depan mata. Sudah bersiap-siap menyambut Ramadhan? Dengan apa kita menyambut Ramadan? Amalan Ramadan apa saja yang kita niatkan untuk dihidupkan di bulan ramadhan? Rasulullah selalu bersemangat ketika Ramadhan tiba, beliau tidak hentinya menganjurkan kita untuk memperbanyak amal ibadah di bulan ini, karena itu beliau sendiripun sangat bersemangat menghidupkan bulan Ramadhan.

Banyak sekali hadits-hadits yang menyebutkan keutamaan bulan Ramadhan, menjelaskan bahwa beramal dan berbuat satu kebaikan di bulan Ramadhan sama dengan menjalankan 70 fardhu di bulan lainnya. Ucapan-ucapan ramadhan umumnya dipenuhi dengan doa-doa agar kita meraih keutamaan Ramadhan, saking spesialnya bulan ini.

Kita benar-benar harus pintar menggunakan kesempatan ini. Apalagi di bulan ini terdapat Lailatul Qadr, yaitu malam yang lebih baik daripada seribu bulan lain yang tanpa Lailatul Qadr. Sebegitu mulianya ramadan, jangan bermalas-malasan ya! Di bulan ini kita harus benar-benar bisa meneladani Rasulullah. Amalan ramadhan yang bisa kita jadikan list untuk menghidupkan bulan ramadhan antaralain:

Shalat Sunnah 2 Rakaat di Malam Pertama Bulan Ramadhan

Di malam pertama bulan Ramadhan, ada amalan shalat sunnah 2 rakaat, setelah fatihah membaca surat Al Fath. Faidah shalat sunnah 2 rakaat di awal Ramadhan ini sangat besar, yaitu mendapat penjagaan selama setahun penuh.

Perbanyak baca Al-quran

Kasih plan dan reward utk diri sendiri boleh nih. Dalam Ramadhan ini mau berapa kali khataman? Bisa di luar shalat, maupun di dalam shalat.

Perbanyak shalat malam

Dalam hadits-hadits yang menyebutkan anjuran shalat malam, yang di maksud adalah shalat tarawih. Shalat tarawih hanya sekali dalam satu tahun, jadi banyak-banyakin yah. Bisa dilakukan setelah Isya, atau pas tahajjud. Tarawih ini enggak ada batas hitungan rakaatnya, 8 bisa, 20 boleh, 30 baik, 50 semangat! Hehehe

Perbanyak berdoa

Terutama di dua waktu, yaitu waktu sahur dan waktu berbuka. Jadi setelah tahajjud, setelah sahur, jangan lanjut tidur, tetapi lanjut dengan dzikir dan berdoa. Setelah baca doa buka puasa, sempatkan doa yang baik-baik.

Rasulullah memberi tahu bahwasannya orang yang berpuasa mempunyai jatah doa yang tidak akan Ditolak oleh Allah, yaitu doa yang dilafalkan ketika berbuka.

Inspirasi Amalan Ramadhan

Perbanyak Syahadat, Istighfar dan Meminta Surga Sekaligus Berlindung dari Neraka

Nah, untuk amalan ini ada teks khususnya yg berbunyi:


اشْهَدُ ان لا إلَهَ إلّا الله أسْتَغْفِر الله، أسْأَلُكَ الجَنَّة وَاَعُوذُ بِكَ مِنَ النّار
Aku bersaksi bahwasanya tiada Tuhan yang hak di sembah melainkan Allah, aku memohon ampunan Nya, dan aku meminta surga kepadaMu serta berlindung dari neraka

Perbanyak Baca Doa Menyambut Lailatul Qadr

اللهُمَّ إنَّكَ عَفُوٌّ تُحِِبُّ العَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي
Ya Allah sesungguhnya Engkau Dzat yang Maha Memaaf, Engkau suka memaafkan maka maafkanlah aku.

Doa ini di kenal sebagai doa untuk menyambut Lailatul Qadr. Karena itu banyakin baca doa ini, siapa tahu saat kita berdoa dengan doa menyambut Lailatul Qadr, bertepatan dengan malam Lailatul Qadr.

Menghidupkan 10 hari terakhir Ramadhan

Diriwayatkan bahwa Rasulullah lebih giat beribadah di 10 hari terakhir Ramadhan, karena di hari-hari ini adalah hari dimana Allah akan membebaskan hambaNya dari neraka. Tentu saja hambaNya yang giat beribadah. Dan di hari-hari inilah Rasulullah menganjurkan kita untuk mencari Lailatul Qadr.

Berbagi buka puasa

Ini juga termasuk amalan yang di anjurkan Rasulullah loh. Jadi nggak ada salahnya kalo Ramadhan kita banyak nraktir temen-temen kita buat buka. Ngajak bukber, tapi kita yang bayarin semua.

Inspirasi Amalan Ramadhan

Mendoakan orang yang memberikan buka puasa

Kita balik posisi, kalo kita ditraktir buka sama temen kita, atau kita mau berbuka di rumah temen kita, maka kita di anjurkan mendoakan temen tersebut. Teks doanya :

اللهم بَارِكْ لَهُمْ فِي رِزْقِهِم واغْفِرْ لَهُم وَارْحَمْهُم
Ya Allah berkahilah mereka dalam rizkinya dan ampunilah mereka serta rahmatilah mereka.

Mengakhirkan sahur

Mengakhirkan sahur adalah sunnah. Sunnah adalah amalan yang dilakukan Rasulullah. Rasulullah mengakhirkan sahurnya. Jadi kita ikuti cara beliau. Makna mengakhirkan sahur adalah kita sahur ketika sudah mendekati subuh. Sehingga kita kenyang lebih lama. Minimal setengah jam sebelum subuh adalah waktu yang baik untuk sahur.

Menyegerakan Berbuka

Menyegerakan buka adalah sunnah. Jadi begitu adzan, kita segera buka. Disini maksudnya buka dengan makanan kecil terlebih dahulu. Dengan kurma dan air, lalu sholat, baru deh makan besar. Begini cara Rasulullah dalam berbuka.

Perbanyak baca shalawat

Kita banyakin baca shalawat sebagai bentuk terimakasih kita kepada Rasulullah yang sudah mengajarkan kita banyak hal. Sudah memberi tahu kita amalan-amalan di bulan Ramadhan.

***

Banyak ya, yang bisa kita lakukan? Jadi jangan loyo menjalani Ramadhan.
Tapi ingatt, kita juga jangan jadi hambanya Ramadhan. Hambanya Ramadhan maksudnya maksudnya adalah kita hanya giat saat Ramadhan, tetapi setelahnya tidak. Jangan. Kita tetap harus jadi hamba Allah, yang artinya setelah Ramadhan pun kita tetap giat beribadah seperti halnya saat kita beribadah di bulan Ramadhan.

Ramadhan Kariim!

Tinggalkan komentar

Contact

Noborejo Argomulyo, Salatiga 50736
Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Sabtu, Minggu09:00 – 17:00

Connect

Subscribe

Join our email list to receive the latest updates.

%d blogger menyukai ini: