Mau Pesan Website? Perhatikan Hal Berikut Agar Tidak Menyesal

Jasa pembuatan website banyak ditawarkan melalui berbagai cara. Harganya sangat bervariasi sesuai fitur yang ditawarkan. Ada yang sangat murah seharga kacang goreng. Ada yang sangat mahal seharga mobil Mercy.

Orang awam yang ingin memesan jasa pembuatan website seringkali merasa kebingungan saat mau menentukan pilihan. Oleh sebab itu, artikel ini ditulis agar orang awam bisa mendapat gambaran yang baik.

Buat Daftar Kebutuhan

Sebelum memesan jasa pembuatan website, adabaiknya seseorang membuat daftar fitur yang dibutuhkan. Hal ini untuk memudahkan komunikasi dengan penyedia jasa. Carilah referensi istilah-istilah teknis seputar pembuatan website agar penjelasan dari pemyedia jasa mudah diterima.

Daftar kebutuhan ini juga berguna untuk memberi batasan-batasan yang jelas agar scope website yang dibuat tidak terlalu luas. Karena biasanya seseorang terjebak ingin memiliki banyak fitur padahal sebetulnya tidak dibutuhkan. Apalagi jika bertemu dengan penyedia jasa yang menyampaikan presentasi dengan memukau.

Semakin banyak fitur pada sebuah website tidak secara otomatis membuat web tersebut menjadi lebih baik. Fitur-fitur yang tidak digunakan sebaiknya ditiadakan saja daripada menambah biaya development maupun maintenance. Jangan terjebak pada ambisi yang malah akan merugikan di kemudian hari.

Validasi Profil Penyedia Jasa

Semakin besarnya potensi usaha jasa pembuatan website membuat banyak orang berlomba menawarkan jasa itu. Sesuai hukum ekonomi yang menyatakan bahwa adanya penawaran (supply) dipengaruhi karena adanya permintaan (demand). Namun sayangnya ada pihak yang tidak bertanggungjawab ikut-ikutan menawarkan jasa pembuatan website hingga memakan korban orang awam.

Beberapa hal yang oerlu divalidasi dari penyedia jasa agar tidak menjadi korban penipuan antara lain adalah sebagai berikut:

  • Legalitas usahanya. Hal ini bisa dilihat dari website OSS apakah perusahannya benar-benar terdaftar di sana atau tidak
  • Kontaknya. Cek kontak yang digunakan perusahaan itu apakah ada riwayat digunakan untuk melakukan penipuan atau tidak. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mencari di Google, aplikasi seperti GetContact atau semacamnya
  • Alamat resminya. Periksa alamat resminya untuk memastikan bahwa penyedia jasa tersebut menggunakan alamat yang valid. Hal ini berguna jika di kemudian hari ternyata terjadi putus hubungan (lost contact) sedangkan proyek belum selesai dikerjakan

Akses Domain & Hosting

Sebaiknya kalau pesan website memiliki akses domain & hosting meskipun itu managed service. Kecuali memang benar-benar sudah percaya sama penyedia jasanya dan yakin dia tidak akan menghilang tanpa konfirmasi terlebih dahulu.

Paling tidak kamu bisa minta dibuatkan layanan backup data secara berkala yang disimpan pada tempat yang bisa kamu akses semisal Google Drive, OneDrive, atau media penyimpanan lainnya. Paling tidak data-data kamu aman andaikata penyedia jasa kabur sebelum kontrak habis.

Buat Kontrak Secara Tertulis

Orang yang sudah saling percaya biasanya merasa tidak memerlukan kontrak tertulis. Padahal hal ini sangat dibutuhkan untuk banyak alasan.

Dengan dibuatnya kontrak secara tertulis paling tidak acuan yang digunakan untuk mengerjakan pembuatan website jelas. Kalaupun mau komplain juga tinggal menunjukkan kontrak tanpa perlu mengingatkan janji-janji penyedia jasa yang pernah disampaikan.

Demikian beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memesan jasa pembuatan website. Kalau masih ada yang belum jelas atau mengganjal bisa curhat sama tim Nusagadev melalui tombol di bawah ini.

Photo of author

Ahmad Budairi

I'm a web developer and I really like writing articles

Contact

Noborejo Argomulyo, Salatiga 50736
Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Sabtu, Minggu09:00 – 17:00

Connect

Subscribe

Join our email list to receive the latest updates.

%d blogger menyukai ini: