10 Tips Mendapatkan Backlink Berkualitas untuk Mendongkrak Domain Authority

Backlink adalah salah satu faktor yang memengaruhi domain authority (DA). Semakin banyak backlink berkualitas yang didapat oleh suatu website maka semakin besar pula potensi meningkatnya DA.

Domain authority sebuah website adalah sistem pemeringkatan website yang digunakan untuk menggambarkan relevansinya dengan suatu bidang maupun industri yang spesifik. Relevansi ini berdampak secara langsung pada mesin pencari yang mengakses domain authority menggunakan algoritma analisis secara otomatis.

Mengirim Guest Post

Guest post adalah artikel yang dibuat untuk diterbitkan pada website atau blog orang lain. Tujuannya adalah untuk menyematkan link yang merujuk pada halaman website kita. Jadi seakan-akan website yang menerbitkan artikel guest post itu sedang merujuk atau mengambil referensi pembahasan dari website kita.

Mencari website atau blog yang menerima guest post tidaklah sulit. Cukup ketikkan keyword bercetak tebal berikut di Google: “kirim artikel”, “menulis untuk kami”, atau “kirim guest post”. Gunakan tanda petik untuk mendapatkan hasil pencarian yang mengandung kata sama persis. Gunakan variasi yang sejenis termasuk ubah ke bahasa Inggris jika perlu.

Jangan lupa untuk menambahkan keyword bidang pembahasan atau niche agar pembahasannya relevan. Misalnya website yang membahas tentang pendidikan mencari website lain bertema pendidikan yang menerima guest post. Hal ini sangat disarankan agar guest post yang dilakukan terlihat natural.

Memanfaatkan Website UGC

User Generated Content (UGC) adalah jenis website yang memang dirancang untuk penerbitan artikel oleh penggunanya. Sehingga setiap pengguna terdaftar yang memenuhi syarat bisa menulis dan menerbitkan artikel di sana. Tidak hanya menjadi pembaca saja.

Beberapa contoh website jenis ini antara lain seperti: medium.com, dev.to, kompasiana.com, indosiana.com, dan lain-lain. Sebelum menerbitkan artikel di sana, jangan lupa untuk membaca syarat & ketentuan serta kebijakan pada masing-masing website tersebut.

Aktif di Website Forum

Website berbentuk forum seperti Kaskus atau WordPress.org dapat digunakan untuk mendapatkan backlink secara gratisan. Caranya adalah dengan menyematkan link pada signature profil atau dengan cara membuat konten yang memuat link ke website yang mau ditambah backlinknya.

Perlu diperhatikan bahwa tidak semua forum memiliki kualitas yang bagus. Jangan asal posting saja. Periksa dulu spam score atau metrik lainnya. Website yang mendapat backlink dari website yang memiliki spam score tinggi malah tidak bagus. Bisa-bisa malah menurunkan DA.

Komentar di Website Lain

Fitur komentar yang tersedia pada website atau blog dapat dimanfaatkan untuk mendapat backlink berkualitas secara gratis juga. Jangan lupa selalu cek kualitas website yang mau ditarget untuk memyematkan link agar tidak malah merugikan.

Menerbitkan Aplikasi di Playstore

Membuat aplikasi android tidaklah sulit untuk saat ini. Tool untuk membuat aplikasi android tanpa coding semacam AppGeyser dapat digunakan secara gratis.

Kita bisa menyematkan link pada profil pengembang maupun deskripsi aplikasi. Semakin banyak aplikasi yang diterbitkan maka semakin banyak pula potensi backlik yang didapat.

Menerbitkan Addon Firefox

Addon Firefox dapat dijadikan alat untuk mendapatkan backlink berkualitas. Melalui info pengembang pada masing-masing addon, kita bisa menyematkan link website untuk mendapatkan backlink.

Halaman addon Firefox secara otomatis diterjemahkan kedalam berbagai bahasa. Hal ini sangat menguntukan karena potensi backlink yang didapatkan semakin banyak dari laman terjemahan itu. Apalagi laman itu dibuat menggunakan ekstensi domain yang berbeda-beda.

Menerbitkan Aplikasi Open Source

Aplikasi open source banyak dicari orang. Dengan memanfaatkan layanan penerbitan aplikasi opensource sperti Github atau Sourceforge, kita bisa menyematkan backlink untuk tujuan demo atau sumber dokumentasi. Selain backlink, kita bisa memanfaatkan cara ini untuk melakukan self-branding.

Menjadi Sponsor

Kita juga bisa mendapatkan backlink berkualitas dengan menjadi sponsor sebuah acara. Misalnya saja sponsor untuk acara lomba yang diselenggarakan secara online. Kita bisa meminta panitia untuk menyematkan backlink pada halaman pengumuman lomba. Bisa juga backlink itu didapat dari peserta lomba yang diharuskan untuk menyematkan backlink ke website kita.

Menerbitkan Jurnal atau Artikel Ilmiah

Layanan publikasi jurnal atau artikel ilmiah secara online bisa dijadikan alat untuk mendapatkan backlink. Caranya dengan menggunakan website atau blog kita sebagai salah satu sumber rujukan penulisan naskah publikasi tersebut.

Layanan Content Placement

Layanan content placement ini sistemnya mirip dengan guest post. Bedanya adalah kalau guest post bisa dilakukan dengan gratis sedangkan layanan content placement biasanya dikenai tarif.

Nusagates GP menyediakan layanan content placement bekersama dengan lebih dari 100 blogger yang ada di Indonesia. Layanan ini dipatok dengan tarif mulai dari 100 ribu. Tergantung kualitas DA, PA, SS, dan indikator lainnya.

Demikian 10 tips mendapatkan backlink berkualitas. Jika ada hal yang kurang jelas atau mau curhat jangan sungkan untuk menghubungi Nusagates GP melalui kontak yang tersedia.

Contact

Noborejo Argomulyo, Salatiga 50736
Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Sabtu, Minggu09:00 – 17:00

Connect

Subscribe

Join our email list to receive the latest updates.

%d blogger menyukai ini: