Tips Nyaman Berwisata di Yogyakarta

Yogyakarta wilayah yang sering disebut sebagai kota, namun daerahnya meliputi satu provinsi tersendiri di bagian tengah pulau Jawa. Yogya dikenal sebagai daerah tujuan wisata yang ramah bagi keluarga. Di Indonesia, Yogyakarta merupakan provinsi tujuan wisata kedua setelah Bali.

Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta sangat serius mengelola obyek dan tujuan wisata di daerahnya. Melalui pencanangan Visi Pembangunan Wisata 2012-2025, pemprov DIY berupaya mewujudkan Yogyakarta sebagai destinasi wisata berkelas dunia, berdaya saing dan berwawasan budaya, sehingga mampu mendorong pembangunan daerah dan pemberdayaan masyarakat.

Keseriusan pemprov DIY ini tampak dari bermunculannya obyek-obyek wisata baru di Yogyakarta. Bagi para pelancong, tentu berkelana menyusuri Yogya adalah kesempatan yang sayang jika dilewatkan begitu saja.

Bagaimana cara menikmati Yogyakarta dengan nyaman dan senantiasa terkenang manisnya? Berikut adalah beberapa tips yang perlu dipertimbangkan ketika berniat menjelalah Yogyakarta

Tentukan tujuan-tujuan wisata favorit

Sebelum memesan tiket atau merencanakan perjalanan, tentukan terlebih dahulu obyek-obyek wisata yang ingin dikunjungi. Perencanaan ini membantu memperkirakan berapa hari yang dibutuhkan untuk menjelajah Yogyakarta

Hindari long weekend

Sebisa mungkin hindari menjelajah Yogyakarta di saat long weekend sebab macetnya luar biasa. Yogya lebih nyaman dijelajah di weekdays, konsekuensinya harus mengambil cuti beberapa hari.

Persiapan khusus dan jadwal keberangkatan

Berwisata di masa pandemi butuh persiapan ekstra. Dalam beberapa kasus mungkin membutuhkan pemeriksaan kesehatan sesuai protokol kesehatan. Siapkan segala sesuatunya agar bisa tepat jadwal keberangkatan.

Atur rute perjalanan dengan efektif

Yogyakarta sangat luas wilayahnya. Obyek wisatanya bertebaran di setiap sudut. Jika ingin puas menjelajah, susun jadwal kunjungan wisata sesuai rute yang efektif. Misalnya ingin berwisata di daerah Gunung Kidul, maka sesuaikan jadwal keberangkatan dari penginapan sepagi mungkin. Jelajahi daerah-daerah wisata di sekitar daerah Gunung Kidul pada hari yang sama. Hindari memilih daerah wisata yang berjauhan dalam sehari, sebab akan menguras waktu dan tenaga

Khususkan waktu berbelanja 

Berwisata identik dengan belanja buah tangan. Agar berwisata lebih nyaman idealnya agendakan waktu berbelanja secara khusus dalam satu atau setengah hari dalam momen liburan. Kecuali di tempat wisata yang dituju telah disediakan toko-toko souvenir dengan harga terjangkau.

Berlibur nyaman butuh persiapan. Jangan lupa jaga kesehatan agar perjalanan berwisata tak hanya indah untuk dikenang, tetapi juga tidak menyebabkan tubuh drop sepulang liburan karena kelelahan.

Tinggalkan komentar

Contact

Noborejo Argomulyo, Salatiga 50736
Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Sabtu, Minggu09:00 – 17:00

Connect

Subscribe

Join our email list to receive the latest updates.

%d blogger menyukai ini: