Tips Desain Powerpoint Powerful Untuk Presentasi

Bagi pelajar maupun pekerja, powerpoint telah menjadi tools yang sangat diandalkan. Khususnya sebagai sarana untuk menyampaikan gagasan. Namun, tidak banyak orang yang menyadari pentingnya membuat desain powerpoint yang bagus.

Tips Membuat Power Point yang Powerful

Desain powerpoint yang menarik terbukti dapat membuat presentasi Anda menjadi lebih powerful. Karena itu, kemampuan desain powerpoint menjadi sangat penting. Nah, bagi Anda yang ingin membuat presentasi powerful, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti:

1. Pusatkan Pembahasan Pada 3 Ide Saja

Anda mungkin memiliki banyak hal yang ingin disampaikan kepada audiens. Akan tetapi, terlalu banyak informasi justru dapat membuat audiens Anda kehilangan fokus terhadap materi yang Anda sampaikan. Sebagai solusi, cobalah untuk mengerucutkan pembahasan pada 3 ide utama saja.

2. Hindari Teks Panjang

Setelah menemukan 3 ide utama, Anda bisa menjabarkannya dalam bentuk poin-poin. Hindari menggunakan teks panjang pada slide. Buat setiap poin pembahasan hanya berupa kalimat singkat dan sederhana saja.

Agar presentasi semakin powerful, Anda juga bisa mengganti teks tersebut dengan ilustrasi. Adanya ilustrasi akan membuat audiens tetap fokus dan memperhatikan materi yang Anda sampaikan. Pastikan ilustrasi yang Anda gunakan dapat mewakili pembahasan yang Anda sampaikan.

3. Gunakan Slide Minimalis atau Kosong Saat Bicara

Banyak orang menggunakan slide berisi pembahasan saat melakukan presentasi. Sayangnya, hal ini dapat memecah perhatian audiens Anda. Alih-alih memperhatikan apa yang Anda bicarakan, audiens akan sibuk membaca teks pada slide.

Karena itu, siapkan beberapa slide kosong dengan latar hitam atau putih sebagai jeda. Dengan begitu, audiens akan lebih memperhatikan presentasi yang Anda sampaikan.

4. Tambahkan Metafor dan Ilustasi Pada Presentasi Anda

Membaca teks pada slide kemudian menjelaskan isi teks tersebut akan membuat presentasi Anda terasa monoton dan tidak powerful. Sebagai gantinya, cobalah untuk mengisi desain powerpoint Anda dengan ilustrasi atau metafora yang sesuai.

Selanjutnya, Anda dapat menjelaskan bagaimana hubungan antara ilustrasi atau metafor tersebut dengan materi yang Anda sampaikan. Cara ini akan membuat presentasi Anda lebih menarik dan tidak membosan.

5. Buat Pertanyaan Untuk Audiens

Pertanyaan dapat membantu audiens kembali fokus pada materi yang Anda sampaikan. Anda bisa menyelipkan beberapa pertanyaan kecil di awal topik, di tengah, atau di akhir presentasi.Selain pertanyaan, Anda juga bisa menyelipkan kuis sederhana sebagai penyegaran.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar powerpoint Anda menjadi lebih menarik dan powerful.

Membuat Desain Powerpoint Dengan Jasa PresentationFastwork

Membuat desain slide yang menarik memang bukan perkara mudah. Jika Anda merasa kesulitan untuk membuat desain powerpoint yang powerful, Anda bisa memanfaatkan jasa freelancer desainer powerpoint.

Tapi, dimana Anda bisa menemukan jasa desain powerpoint profesional? Jangan khawatir, ada banyak freelancer desainer yang bisa Anda temukan di Fastwork. Selain berkualitas, harga jasa yang ditawarkan cenderung kompetitif.

Fastwork sendiri merupakan salah satu situs freelancer online terpercaya yang ada di Indonesia. Tenaga kerja yang tersedia di Fastwork juga telah berpengalaman menangani berbagai macam project sesuai keahlian dan kompetensinya. Karena itu, Anda tidak perlu ragu atau khawatir dengan kualitas pekerjaan yang dihasilkan.

Nah, untuk memakai jasa desainer powerpoint di Fastwork juga cukup mudah. Anda tinggal mengunjungi https://fastwork.id/presentation, kemudian klik tombol “Carikan Saya Freelancer”. Selanjutnya, Anda akan menemukan banyak freelancer sesuai kebutuhan Anda. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar

Contact

Noborejo Argomulyo, Salatiga 50736
Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Sabtu, Minggu09:00 – 17:00

Connect

Subscribe

Join our email list to receive the latest updates.

%d blogger menyukai ini: