Mengenal Jurusan KPI (Komunikasi Penyiaran Islam) IAIN Salatiga Lebih Dalam

KPI singkatan dari Komunikasi dan Penyiaran Islam. Prodi ini bergerak di bidang komunikasi yang berada dibawah naungan Fakultas Ilmu Komunikasi dan Ilmu Dakwah. Dasarnya, KPI adalah jurusan ilmu komunikasi yang berada di kampus yang berbasis islami, sehingga namanya ditambah menjadi “Komunikasi dan Penyiaran Islam.” Di IAIN Salatiga sudah ada jurusan KPI dengan akreditasi B. Bagi yang berhasil lulus dari jurusan KPI akan mendapatkan gelar S.Sos.

Jurusan KPI mengajak mahasiswa mendalami dunia komunikasi beserta dinamika dan karakter yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Pada jurusan ini, mahasiswa akan memperlajari bagaimana komunikasi yang baik, yang akan sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Pada bangku perkuliahan, mahasiswa akan belajar berbagai hal termasuk filsafat ilmu, pengantar ilmu komunikasi, sistem informasi manajemen, produksi siaran radio TV dan Film, dll.

Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam terbagi menjadi beberapa konsentrasi seperti Jurnalistik, Public Relation, Board Casting, dan Desain. Tidak semua kampus terdapat semua konsentrasi yang telah disebutkan. IAIN Salatiga sendiri terdapat konsentrasi Jurnalistik, Boardcasting sama Public Relation.

Kenapa memilih jurusan KPI di IAN Salatiga?

Banyak calon mahasiswa yang bingung, kenapa memilih jurusan KPI karena memang jurusan ini belum terlalu familiar. Beberapa keuntungan memilih jurusan KPI:

  1. Komunikasi tak bisa lepas dari kehidupan. Entah komunikasi dari lingkup kecil (keluarga) sampai lingkup besar (masyarakat), semua membutuhkan komunikasi yang baik. Dengan masuk jurusan KPI, kamu akan meng-upgrade kemampuan komunikasimu yang tentu akan sangat berguna di masyarakat.
  2. Bagi kamu yang hobi berbicara, menulis, atau tampil dibelakang layar akan cocok untuk melanjutkan pada jurusan KPI. Jurusan ini memberikan peluang yang besar bagi kamu untuk mangasah skill mejadi terarah dan profesional.
  3. Peluang karier untuk jurusan ini sangat luas dan terbuka. Seseorang lulusan komunikasi banyak dibutuhkan di perusahaan media atau bahkan dapat mendirikan perusahaan media sendiri.
  4. Teori- teori komunikasi saat dibangku perkuliahan dapat direalisasikan di dalam kampus dan luar kampus.

Apa saja prospek karier lulusan jurusan KPI?

Kuliah di jurusan KPI tidak melulu harus menjadi penyiar, jurusan komunikasi ini jangkauannya cukup luas. Mahasiswa pada jurusan ini memiliki wawasan, pemahaman, dan skill yang luas terkait komunikasi dan penyiaran sehingga cukup mumpuni untuk beberapa prospek kerja sebagai berikut:

  1. Presenter
  2. Penulis
  3. Fotografer
  4. Public Speaker
  5. Jurnalis
  6. Penyiar
  7. Public Relation
  8. Broad Casting
  9. Vlogger, blogger, content creator

Tinggalkan komentar

Contact

Noborejo Argomulyo, Salatiga 50736
Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Sabtu, Minggu09:00 – 17:00

Connect

Subscribe

Join our email list to receive the latest updates.

%d blogger menyukai ini: