Kenal Lebih Dekat Jurusan Akuntansi Syariah IAIN Salatiga dan Pospek Karirnya

Siapa yang tidak kenal dengan jurusan akuntansi? Pasti sudah tidak asing lagi kan dengan jurusan satu ini. Hampir di semua sektor membutuhkan akuntansi, mulai dari perusahaan, pendidikan, bisnis, sampai pemerintahan pasti membutuhkan seorang akuntan dalam menjalankan kegiatannya. Lalu, bagaimana dengan jurusan Akuntansi Syariah, apakah ia sama atau berbeda dengan jurusan akuntansi? Simak ulasan tentang jurusan akuntansi Syariah IAIN Salatiga dan temukan perspektif baru tentang jurusan Akuntansi Syariah.

Apakah perbedaan jurusan akuntansi biasa dengan akuntansi syariah?

Jurusan akuntansi dan jurusan akuntansi Syariah secara umum hampir sama. Hal pokok yang membedakan diantara kedua jurusan tersebut adalah tambahan perspektif agama islam. Di dalam jurusan akuntansi syariah terutama di IAIN Salatiga, mahasiswa dibekali dengan materi-materi keagamaan yang berdasarkan ajaran agama Islam yang berlandaskan Al-Quran dan Hadist.

Selain materi keagamaan dasar, mahasiswa akuntansi syariah juga dibekali dengan perihal akuntansi dalam perspektif agama islam seperti bagaimana pandangan bank dalam perspektif syariah, bagaimana aqad kerjasama dalam perspektif syariah, dll.

Jurusan Akuntansi Syariah masih baru, peluang diterima sangat besar

Jurusan Akuntansi Syariah terbilang masih muda, tahun ajaran 2017 lalu menjadi angkatan petama yang bergabung dengan fakultas ekonomi dan bisnis islam IAIN Salatiga melalui pogam studi (prodi) Akuntansi syariah. Meskipun masih terbilang muda, namun jangan salah, akreditasi jurusan ini sudah dapat dikatakan lumayan, yaitu berakditasi B. Peminat jurusan Akuntansi Syariah cukup banyak, setiap tahunnya selalu mengalami kenaikan jumlah mahasiswa.

Apa yang didapat ketika menjadi mahasiswa di jurusan akuntansi syariah?

Mahasiswa prodi akuntansi syariah akan dibekali dengan ilmu teori maupun paktik yang bekaitan dengan akuntansi syariah, ekonomi, manajemen, dan juga keuangan. Seperti fiqih ekonomi dan bisnis islam, perpajakan, akuntansi publik, keuangan syariah, dll. Dalam jurusan akuntani syariah sendiri tedapat konsentrasi yang dapat dipilih sesuai dengan minat mahasiswa pada saat semester 6 antara lain, konsentasi audit, keuangan dan manajemen. Selain itu, bagi mahasiswa lulusan jurusan akuntansi syariah akan mendapatakan gelar S.Ak.

Pospek karir lulusan akuntansi syariah

Jurusanakuntansi syariah sangat fleksibel, sehingga dapat memasuki disektor manapun. Dengan adanya tambahan syariah dapat membantu ketika melamar kerja pada instansi yang beroperasi sesuai dengan prinsip syariah. Beberapa prospek karir mahasiswa lulusan akuntansi syariah diantaanya:

  1. Auditor
  2. Konsultasi pajak
  3. Praktisi keuangan
  4. Financial analyst
  5. Manajer keuangan
  6. Wirausahawan
  7. Akuntan
  8. Lembaga zakat
  9. Account officer
  10. Dewan pengawas syariah
  11. Karyawan bank
  12. Staff Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Tinggalkan komentar

Contact

Noborejo Argomulyo, Salatiga 50736
Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Sabtu, Minggu09:00 – 17:00

Connect

Subscribe

Join our email list to receive the latest updates.

%d blogger menyukai ini: