Eksperimen Sederhana – Sabun Pembelah Lapisan Merica

Belajar fenomena alam dan eksperimen sederhana bisa dilakukan kapan saja. Tak perlu menunggu pelajaran IPA di sekolah dan tidak butuh laboratorium khusus untuk mempraktekkannya. Alat dan bahan eksperimennya mudah diperoleh, waktu senggang di rumah pun bisa dimanfaatkan untuk menambah wawasan dan pengetahuan.

Alat dan Bahan Eksperimen Sederhana – Sabun Pemecah Lapisan Merica

Merica bubuk

Sabun colek/sabun cair

Mangkok kecil

Air secukupnya

Langkah Pengerjaan Eksperimen Sederhana – Sabun Pembelah Lapisan Merica

1.Tuang air ke dalam mangkok hingga kira-kira tiga perempat bagian

2.Taburkan merica bubuk ke atas permukaan air dalam mangkok secara merata.

3.Segera masukkan ujung jari telunjuk ke tengah permukaan air yang telah tertutup oleh merica. Pastikan telunjuk berada pas di tengah permukaan air. Tak terjadi apa-apa bukan?

4. Lapisan merica tetap utuh, tidak bergeming. Demikian juga meskipun telunjuk telah diangkat dari permukaan air, lapisan merica yang menutupi permukaan air tidak menampakkan perubahan yang berarti.

5.Setelah diangkat, olesi jari telunjuk dengan sabun colek. Masukkan kembali jari telunjuk ke permukaan air dalam mangkok yang tertutup lapisan merica.

6.Apa yang terjadi? Lapisan merica itu membelah, seolah menghindari telunjuk yang sudah diolesi sabun cair

7.Saat telunjuk diangkat, lapisan merica yang membelah tersebut tak bisa menyatu kembali.

Penjelasan Eksperimen Sederhana – Sabun Pembelah Lapisan Merica

Terbelahnya lapisan merica oleh telunjuk yang berselimut sabun cair ini menunjukkan fenomena adanya sesuatu yang mengubah kestabilan permukaan air. Air yang berada di sebuah wadah selalu memiliki tegangan permukaan. Tegangan permukaan adalah gaya yang disebabkan oleh benda yang bekerja pada permukaan zat cair di sekitar luas permukaan zat cair yang bersentuhan dengan benda tersebut.

Tegangan permukaan pada cairan dipengaruhi oleh gaya kohesi, atau gaya tarik menarik antara molekul sejenis yaitu molekul cairan. Gaya tarik kohesi ini menjadikan permukaan zat cair seolah dilapisi oleh lapisan elastis. Adanya tegangan permukaan ini menyebabkan cairan mampu menahan benda-benda kecil yang berada di permukaannya, seperti serangga yang hinggap di atas air, bubuk merica yang tidak tenggelam, gabus yang mengapung.

Ketika jari telunjuk berselimut sabun dimasukkan ke dalam permukaan air, molekul sabun cair memecah tegangan permukaan air sehingga lapisan merica yang menutupi permukaan air terbelah menjauhi jari telunjuk bersabun.

Tinggalkan komentar

Contact

Noborejo Argomulyo, Salatiga 50736
Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Sabtu, Minggu09:00 – 17:00

Connect

Subscribe

Join our email list to receive the latest updates.

%d blogger menyukai ini: