Eksperimen Sederhana Preschool- Telur Berdiri Dengan Kaki

Anak usia preschool merupakan anak-anak yang rasa ingin tahunya besar. Ada saja kelakuan anak-anak. Mengajak anak usia preschool untuk melakukan eksperimen sederhana telur berdiri dengan kaki bersama-sama bisa menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan. Melihat aktivitas di Preschool Bali, semua anak-anak terlihat ceria bereksperimen bersama gurunya. Kita bisa menirunya di rumah, atau mungkin sedang mencari rekomendasi preschool Bali yang full dengan aktivitas yang menyenangkan?

Aktivitas preschool yang menyenangkan, dari eksperimen, menjelajah alam, hingga aktivitas kognitif-motorik dengan nuansa ceria khas anak-anak akan membuat anak-anak merasakan sekolah yang menyenangkan dan membuat belajar menjadi aktivitas yang ditunggu-tunggu. Memilih preschool yang tepat sesuai dengan usia anak sangat berpengaruh terhadap mindset anak tentang sekolah di hari-hari yang mendatang.

Nah, sebelum masuk preschool atau enggak kunjung menemukan preshool yang tepat di sekitar rumah, kita bisa mengenalkan sekolah kepada anak dengan bereksperimen sederhana bersama anak-anak. Eksperimen sederhana merupakan program andalam preschool untuk memenuhi rasa ingin tahu anak yang besar. Eksperimen sederhana Telur Berdiri dengan Kaki merupakan eksperimen sederhana yang tidak membutuhkan bahan yang sulit.

Kamu kalau berdri menggunakan apa? Kaki dong. Nah, telur juga berdiri menggunakan kaki. Lho, kok telur punya kaki dan bisa berdiri? Jawabanya, iya dong. Yuk kita simak eksprimen sederhana telur berdiri dengan kaki.

Bahan Eksperimen Sederhana Telur Berdiri dengan Kaki

Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan adalah:

  • telur
  • bidang datar seperti meja atau nampan dsb
  • sesendok garam.

Cara Membuat Telur Berdiri dengan Kaki

  1. Siapkan bidang datar kemudian letakkan telur dengan posisi berdiri. Perhatikan, posisi berdiri itu lonjong keatas atau horizontal. Setelah itu lepaskan, apakah telur nya dapat berdiri? Jawabannya, tidak dapat berdiri. Telur akan kembali ke dalam posisi mendatar.
Eksperimen sederhana Telur Berdiri dengan Kaki

2. Selanjutnya, siapkan bidang datar yang diletakkan garam sesendok diatasnya. Kemudian letakan telur dengan posisi berdiri. Apakah telur dapat berdiri? Jawabanya, iya telur tersebut dapat berdiri.

Eksperimen sederhana untuk Preschool- Telur berdiri dengan kaki

Mengapa Telur Bisa Berdiri

Mengapa telurnya bisa berdiri, karena ada media berupa bubuk garam sebagai penyesuaian dari bentuk telur yang bulat dengan permukaan yang halus dan cembung. Jadi, walaupun posisi berdiri, tiduran maupun posisi miring sekalipun, telur tersebut tetap stabil atau seimbang ketika berada di atas bubuk garam. Garam inilah yang disebut kaki sambung buat si telur.

Apakah hanya garam yang bisa menjadi kaki untuk telur? Selain garam bisa juga media lain yang bentuknya sama seperti garam, yaitu berupa butiran kecil dan halus atau bubuk. Seperti gula pasir, bubuk lada, tepung dan sebagainya. Kamu bisa menggunakan media bubuk yang ada di rumah untuk membuat telur berdiri.

Manfaat Eksperimen Sederhana untuk Anak Preschool

Anak preschool merupakan anak yang sedang berada di usia penasaran. Rasanya ada saja yang ia lakukan di rumah, enggak jarang barang-barang ibunya menjadi sasaran untuk ‘eksperimen’nya. Mengajak anak preschool bereksperimen sederhana akan mewadahi rasa penasarannya. Believe it or not, sejak mengajak anak bereksperimen sederhana, anak enggak lagi melakukan hal konyol di rumah. Rasa penasarannya menjadi lebih terkontrol dan terukur.

Seringkali saat penasaran, biasanya anak akan bertanya kepada ibu atau ayahnya karena terbiasa diajak bereksperimen sederhana sehingga tidak melakukan eksperimen dengan sembarangan. Anak akan merasakan ayah ibunya sebagai teman terbaik untuk bereksplorasi.

Tinggalkan komentar

Contact

Noborejo Argomulyo, Salatiga 50736
Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Sabtu, Minggu09:00 – 17:00

Connect

Subscribe

Join our email list to receive the latest updates.

%d blogger menyukai ini: