Doa Anak Sakit Demam dan Sakit Lainnya

Apa yang ibu lakukan saat anak sakit demam? Pakaikan baju tipis pas demam? Balur bawang merah? Bawa ke tukang pijet? Periksain ke dokter? Ikhtiar untuk anak yang sakit sebaiknya dibarengi dengan doa anak sakit demam dan sakit lainnya. Ikhtiar lahir jalan, ikhtiar bathin juga jalan.

Tugas kita ikhtiar saat anak sakit. Pasti sangat sedih melihat anak sakit. Tapi kesedihan yang kita rasakan jangan sampai melalaikan kita pada Allah. Jangan sampai anak sakit justru membuat kita jauh dari Allah. Anak rewel pun kita harus berlatih untuk mendekat kepada Allah, membaca doa ketika anak rewel agar hati dan pikiran kita enggak ikut tantrum. Ini adalah kesempatan untuk menunjukkan pada Allah bahwa kita membutuhkan-Nya, kita tidak bisa apa-apa tanpa pertolongan-Nya, dan kita hanyalah makhluk yang lemah.

Selain ikhtiyar dhahir, kita juga butuh ikhtiyar batin untuk kesembuhan anak kita. Apalagi kita adalah seorang ibu, doa kita banyak di dengar sama Allah, banyak dikabulkan. Karena itu ucapkan yang baik-baik untuk anak kita dan doakan agar Allah segera sembuhkan mereka.

Doa Ketika Anak Demam

Doa Anak Sakit Demam dan Sakit Lainnya

Pertama, awali dulu dengan shalawat. Mintalah pertolonganpada Rasulullah. Beliau sangat menyayangi anak-anak kecil, karena itu yakinlah beliau akan menolong anak kita saat sakit. Bacalah shalawat untuk kesembuhan di bawah ini:

اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ اَلحَبِيْبِ المَحبُوب شَافِي العِلَلِ وَمُفَرِّجِ الكُرُوبِ وَعَلى آلِهِ وَصَحْبِهِ وسَلِّم

Ya Allah berikanlah rahmat ta’dzim atas tuan kami Muhammad sang kekasih yang di cintai, sang penyembuh penyakit dan sang pelepas kegelisahan, juga atas keluarga dan sahabatnya dan berilah mereka keselamatan.

Hmm ada yang gagal fokus sama artinya kah? Terkesan menuhankan Rasulullah kah?
Nggak usah khawatir ya. Itu hanya teksnya saja. Disana ada teks yang tersimpan, yang secara arti menunjukkan ‘dengan Rasulullah lah Allah memberi kesembuhan penyakit, dengan Rasulullah lah Allah melepas kegelisahan.’

Tidak apa-apa untuk bertawassul. Tawassul (perantara) itu semacam minta tolong dengan kekuatan orang dalam. Ibu kalo ke RS meriksain anak tapi nggak punya orang dalam, akan antri lama kan? Kadang malah ribet sana sini. Beda ceritanya kalo punya orang dalam, langsung deh wat wet sat set.. Yekan hehe.. Ya kaya gitulah yang kita lakukan ini. Kita minta tolong kepada Rasulullah agar beliau yang maju menghadap Allah memintakan kesembuhan untuk anak kita.

Kita tidak pernah menuhankan Rasulullah, tapi kita tahu setinggi dan sebesar itulah kedudukan Rasulullah di sisi Allah. Allah bahkan mensifati Rasulullah dengan sifatNya! Karena itulah kita minta tolong beliau. Jangan ragu membaca shalawat.

Kedua, sentuh salah satu anggota tubuh anak kita dan bacakan

“Ya Salam” wahai Allah sang Maha Pemberi Keselamatan” 121 x

Sambil gendong anak misalkan, atau sambil usap-usap kepalanya. Senyaman Ibu dan anak-anak saja.

Ketiga, tutup dengan membaca ayat-ayat Syifa ini. Ayat Syifa adalah potongan ayat dalam Al-quran untuk kesembuhan. Ayat-ayat itu adalah:

١.{ وَیَشۡفِ صُدُورَ قَوۡمࣲ مُّؤۡمِنِینَ }
[Surat At-Taubah: 14]
٢.{ وَشِفَاۤءࣱ لِّمَا فِی ٱلصُّدُورِ }
[Surat Yunus: 57]
٣.{ فِیهِ شِفَاۤءࣱ لِّلنَّاسِۚ }
[Surat An-Nahl: 69]
٤.{ وَنُنَزِّلُ مِنَ ٱلۡقُرۡءَانِ مَا هُوَ شِفَاۤءࣱ وَرَحۡمَةࣱ لِّلۡمُؤۡمِنِینَ}
[Surat Al-Isra’: 82]
٥.{ وَإِذَا مَرِضۡتُ فَهُوَ یَشۡفِینِ }
[Surat Asy-Syu’ara: 80]
٦.{ قُلۡ هُوَ لِلَّذِینَ ءَامَنُوا۟ هُدࣰى وَشِفَاۤءࣱۚ }
[Surat Fushilat: 44]

Mudah kan, buibu? Jadi tetap tenangkan hati saat anak sakit ya. Terutama tenangkan dengan selalu ingat pada Allah dan Rasul-Nya.

{أَلَا بِذِكۡرِ ٱللَّهِ تَطۡمَىِٕنُّ ٱلۡقُلُوبُ }

hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram.
[Surat Ar-Ra’d: 28]

Semoga cepat sembuh untuk anak-anaknya yang sedang sakit ya.

Tinggalkan komentar

Contact

Noborejo Argomulyo, Salatiga 50736
Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Sabtu, Minggu09:00 – 17:00

Connect

Subscribe

Join our email list to receive the latest updates.

%d blogger menyukai ini: