Mengenal Lebih Dalam Terkait PT Perorangan

Jika kita membahas tentang badan usaha maka tak boleh ketinggalan untuk membahas badan usaha yang satu ini. Badan usaha ini adalah PT Perorangan, dimana ini adalah suatu badan hukum yang bisa didirikan oleh 1 orang saja. Oleh sebab itu pemilik dari PT Perorangan adalah individual. PT Perorangan pun bisa didirikan tanpa besaran modal minimal. Pendirian PT Perorangan ini tergolong mudah tetapi karena ini merupakan perusahaan individu yang mana sumber modal nya pun terbatas. Untuk pembahasan lebih lanjut yuk kita kupas mengenai PT Perorangan.

Sebenarnya hanya ada sedikit perbedaan antara PT Perorangan dan PT Biasa, seperti jumlah pemilik saham dari PT Perorangan adalah saham tunggal sedangkan untuk PT Biasa pemilik saham minimal 2 orang, di bagian pengelolaan perusahaan PT Perorangan hanya memiliki direktur tunggal sedangkan PT Biasa memiliki dewan direksi untuk bertanggung jawab atas perusahaan. Selebihnya hampir sama seperti perusahaan lainnya.

Kelebihan dari PT Perorangan

Selanjutnya kita akan membahas mengenai kelebihan dan kelemahan yang ada pada PT Perorangan. Untuk kelebihan dari PT Perorangan sendiri ada beberapa, seperti:

  • Mudahnya Pendirian PT

Karena tidak dibatasi dengan minimum modalnya menjadikan PT Perorangan ini mudah didirikan karena bisa dijangkau oleh banyak masyarakat. Selain itu, biaya yang diperlukan pun lebih terjangkau. Oleh karena itu, pendirian PT Perorangan ini cocok untuk para pelaku UMKM.

  • Akses Pembiayaan

Selain dengan mudahnya pendirian tanpa minimum modal, di dalam akses pembiayaan pun PT Perorangan memberikan akses yang mudah untuk melakukan pinjaman bank atau investasi bagi yang ingin mendirikan PT Perorangan.

  • Fleksibilitas

Karena hanya ada 1 kepala yang bertanggung jawab atas semua urusan perusahaan memungkinkan perusahaan lebih cepat dalam mengambil keputusan dan juga lebih fleksibel dalam mengelola perusahaan sehingga perusahaan akan mengalami pertumbuhan bisnis yang cepat.

Kelemahan dari PT Perorangan

Dibalik kelebihan yang bisa diberikan pasti juga ada beberapa kelemahan yang ada di PT Perorangan, antara lain:

  • Tanggung Jawab Tak Terbatas

Karena hanya ada 1 kepala yang bertanggung jawab atas segala urusan perusahaan ini juga akan sedikit kesulitan untuk menghandle semua apalagi jika perusahaan berkembang semakin besar.

  • Sumber Modal yang Terbatas

Oleh karena hanya ada 1 pemilik mengakibatkan terbatasnya sumber modal yang ada, kita jadi harus benar benar bijak dalam mengelola perusahaan agar semua aspek bisa berjalan sehingga dapat memperluas jangkauan dan mengembangkan bisnis.

  • Kelangsungan Usaha Kurang Terjamin

Kembali lagi karena hanya ada 1 kepala yang menghandle semua urusan perusahaan, bisa jadi dari pemilik perusahaan menginginkan usahanya dihentikan atau usahanya bangkrut, atau amit-amit pemiliknya meninggal menjadi faktor kelangsungan usaha yang kurang terjamin.

Itulah tadi beberapa hal yang bisa kita kupas dari PT Perorangan. Hal yang sudah kita kupas diatas bisa dijadikan bahan referensi bagi kalian yang ingin mendirikan PT Perorangan. Terlebih lagi PT Perorangan sangat cocok bagi para pelaku UMKM karena kemudahan yang diberikan.  Tertarik untuk mendirikan PT Perorangan mu sendiri? Nusagates siap membantumu.