5 Tips Memilih Penyedia Hosting

Ketika berbicara mengenai website, hosting tidak mungkin ketinggalan dari topik pembicaraan. Hosting itu sendiri merupakan salah satu layanan yang penting dan diperlukan ketika kita akan membuat website. Bisa dikatakan bahwa menggunakan layanan hosting adalah hal pertama yang akan kita lakukan saat pembuatan website.

Apa itu Hosting?

Hosting web merupakan sebuah layanan yang digunakan untuk menyimpan website atau aplikasi berbasis web agar dapat diakses melalui berbagai media, seperti smartphone, desktop, dan tablet. Berbagai file yang terdapat dalam website yang dihostingkan antara lain teks, gambar, video, script coding, dan database. Kalian tidak bisa meng-online-kan website kalian tanpa adanya hosting. Ibaratnya seperti ini, hosting merupakan lahan untuk membangun rumah (website) kalian. Apabila tidak ada lahan maka kalian tidak bisa membuat websitenya bukan? Nah, lahan ini sendiri berguna untuk menyimpan resource yang dimana berfungsi agar website kalian dapat dikunjungi oleh pengunjung.

Fungsi Hosting

Memang benar fungsi utama dari hosting adalah untuk  lahan menyimpan data dimana dalam hal tersebut sangat memudahkan pengunjung ketika ingin mencari informasi mengenai data website kita secara online. Hosting digunakan untuk menampung segala detail produk apa saja yang kalian kalian jual. Dan apabila kalian ingin pengunjung kalian pada website tersebut banyak, layanan hosting memang perlu digunakan untuk menampung beban tersebut. Selain untuk menyimpan data, hosting ini digunakan karena akan membantu website memiliki performa yang tinggi. Beberapa penyedia layanan hosting biasanya akan menawarkan fitur agar website kalian cepat dan stabil. Terlebih lagi, hosting juga mampu melindungi website dari serangan hacker. Maka dari itu, pilihlah penyedia hosting yang terpercaya agar website kalin yang dihostingkan memiliki kualitas yang apik. 

Tips Memilih Penyedia Hosting

Memilih penyedia hosting memang tidak boleh sembarangan asal pilih. Kenapa begitu? karena ketika kita memilih asal hosting tersebut, bisa saja itu tidak sesuai dengan kebutuhan website kita, alhasil performa yang dihasilkan pun tidak bisa maksimal. Daripada bingung mau pilih hosting yang mana, sini Nusagates kasih tahu tips memilih penyedia hosting, disimak ya!

1. Pilih Hosting Sesuai dengan Kebutuhan

Tips yang pertama sudah pasti kalian harus memilih hosting sesuai dengan apa yang kalian butuhkan. Sesuaikan hosting yang kalian pilih dengan tujuan dan jenis dari website kalian.

2. Performa dan Traffic Yang Apik

Tips yang selanjutnya adalah kalian harus memilih hosting dengan performa yang apik. Apabila kalian menggunakan hosting yang kurang dalam performanya, website kalian akan sering eror dan itu sangat merugikan. Terlebih pengunjung juga akan malas apabila website kita sering ditemukan error.

Tidak menutup mata bahwa kalian pasti juga mengharapkan adanya peningkatan dari traffic website bukan? Menggunakan hosting yang bagus juga dapat memberikan peluang kalian untuk mendapatkan traffic website yang tinggi.

3. Jaringan Tersedia

Salah satu yang tidak boleh terlewatkan saat memilih hosting adalah tersedianya jaringan yang cukup. Dengan adanya jaringan yang cukup maka kalian tidak perlu khawatir jika jaringan sedang bermasalah.

4. Detail Fitur dan Fasilitas

Detail fitur dan fasilitas dari hosting pun jangan sampai terlewatkan. Kalian harus memastikan apa saja fitur dan fasilitas yang didapat dari penyedia hosting. Hal yang perlu diamati lebih cermat adalah fitur keamanan yang kuat karena nantinya website kalian akan berisikan data-data yang pastinya memerlukan keamanan.

5. Harga Yang Sesuai

Untuk hal yang satu ini jelas merupakan hal yang paling kalian perhatikan saat memilih hosting bukan? Akan tetapi kalian jangan tertipu dengan penyedia hosting yang menawarkan harga yang murah begitu saja. Kalian harus memastikan dengan harga yang ditawarkan apa yang akan kalian dapatkan. Karena sering kali ditemukan website mengalami error maupun downtime karena kelalaian saat memilih hosting.

Itulah tadi beberapa hal yang bisa kita kupas mengenai hosting. Sampai di sini kalian sudah paham bukan? Jangan sampai salah memilih penyedia hosting ya biar website kalian bisa stabil dan memiliki performa serta traffic yang apik. Atau kalian masih bingung mau memilih hosting dimana? Serahkan saja pada kami, Nusagates akan membantu sampai tuntas!