Cara Membatalkan Aksi Git Pull

git pull adalah perintah dalam Git yang digunakan untuk mengambil perubahan dari repositori remote dan menggabungkannya dengan branch lokal.

Saat menjalankan git pull, Git akan terlebih dahulu mengambil perubahan terbaru dari repositori remote, kemudian mencoba untuk menggabungkan perubahan-perubahan tersebut dengan branch lokal Anda. Jika ada konflik antara perubahan di branch remote dengan branch lokal Anda, Git akan meminta Anda untuk menyelesaikan konflik tersebut sebelum penggabungan bisa selesai dilakukan.

Sintaks git pull

Sintaks git pull adalah seperti di bawah ini:

git pull [<options>] [<repository> [<refspec>]]

Beberapa opsi umum yang dapat digunakan dengan perintah git pull adalah:

  • --rebase: menjalankan proses rebase setelah melakukan fetch sehingga commit Anda ditambahkan ke atas commit terbaru dari repositori remote.
  • --no-rebase: menjalankan proses merge setelah melakukan fetch.
  • --no-commit: melakukan fetch dan merge, tetapi tidak membuat commit merge baru secara otomatis.
  • --ff-only: melakukan merge cepat (fast-forward) hanya jika branch lokal Anda sudah diperbarui dengan branch remote.

Kamu dapat menambahkan argumen opsional seperti nama repositori remote dan referensi (branch) yang ingin diambil perubahannya. Jika tidak disebutkan, Git akan mengambil perubahan dari branch default yang terhubung dengan repositori remote yang digunakan.

Membatalkan Aksi git pull

Ada kalanya setelah menjalankan perintah git pull, kita ingin membatalkannya karena lasan tertentu. Entah kodingan yang terbaru malah membuat error atau hal lainnya. Maka kita perlu untuk mengembalikan kodingan yang sebelumnya.

Berikut ini adalah salah satu cara untuk membatalkan (undo) aksi git pull yang dilakukan. Namun perlu diingat bahwa perintah di bawah ini selain akan mengembalikan ke versei sebelumnya juga akan berpotensi menghilangkan semua perubahan local yang belum di-commit.

git reset --hard

atau bisa juga untuk mengembalikan ke versi sebelumnya berdasarkan waktu yang spesifik. Contohnya adalah seperti di bawah ini:

git reset --hard master@{"10 minutes ago"}

Perintah di atas akan mengembalikan versi repository ke versi 10 menit yang lalu. Dengan menggunakan perintah ini, kita bisa lebih aman untuk menentukan repo akan dikembalikan ke versi yang mana.

Photo of author

Ahmad Budairi

Ahmad Budairi, S.Pd. | Seorang Web Developer sekaligus kader Gerakan Pemuda Ansor yang sangat suka menulis artikel. Saya di sini akan lebih banyak menulis seputar Laravel, vue, vuetify, inertiajs, dan hal lain yang berhubungan dengan web development.Kontak: budairi.contact[et]gmail[dot]com