Belajar Membuat Website Menggunakan Golang

Go atau Go Lang adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang didesain oleh Google dan pertama kali terlihat secara publik pada 10 November 2009. Golang bisa digunakan untuk membuat beragam aplikasi dan salah satunya tentu saja berupa website.

Sebelum memulai belajar membuat website menggunakan Golang, kita perlu menginstallnya terlebih dahulu di laptop atau komputer yang akan digunakan untuk develop. Untuk itu, langsung saja mengunjungi situs resminya di https://go.dev/doc/install.

Selanjutnya mari kita buat sebuah file dengan nama web.go yang akan kita jadikan bahan untuk belajar membuat website sederhana menggunakan Golang. Tambahkan kodingan berikut untuk memulai.

package main

func main() {
	//di sini logika utama website akan ditulis
}

Selanjutnya mari kita import dua buah package yaitu fmt dan net/http. Package fmt digunakan untuk mengelola I/O sederhana sedangkan package net/http digunakan untuk mengelola HTTP dari sisi client maupun server.

import "fmt"
import "net/http"

Selanjutnya kita bisa menjalankan server go pada localhost dengan port 8080 dengan cara seperti di bawah ini:

http.ListenAndServe("localhost:8080", nil)

Kodingan di atas hanya akan mendeploy sebuah server di localhost dengan port 8080 saja tapi belum dapat diakses melalui browser. Agar bisa diakses melalui browser maka kita perlu mendefinisikan minimal sebuah route. Sebagai contoh kita akan membuat halaman about untuk menampilkan teks sederhana. Maka bisa dilakukan dengan cara berikut:

http.HandleFunc("/about", func(writer http.ResponseWriter, request *http.Request) {
	fmt.Fprintf(writer, "ini contoh route untuk halaman about")
})

Kodingan lengkapnya kurang lebih bisa dilihat seperti di bawah ini:

package main

import "fmt"
import "net/http"

func main() {
	http.HandleFunc("/about", func(writer http.ResponseWriter, request *http.Request) {
		fmt.Fprintf(writer, "ini contoh route untuk halaman about")
	})

	fmt.Println("server telah berhasil dideploy pada port 8080")
	http.ListenAndServe("localhost:8080", nil)
}

Selanjutnya jalankan server melalui terminal atau command prompt menggunakan perintah berikut: go run web.go setelah itu coba akses localhost:8080/about dan lihat hasilnya.

Photo of author

Ahmad Budairi

Ahmad Budairi, S.Pd. | Seorang Web Developer sekaligus kader Gerakan Pemuda Ansor yang sangat suka menulis artikel. Saya di sini akan lebih banyak menulis seputar Laravel, vue, vuetify, inertiajs, dan hal lain yang berhubungan dengan web development.Kontak: budairi.contact[et]gmail[dot]com