Beginilah Sekilas Perbedaan Javascript dengan TypeScript

JS atau JavaScript adalah bahasa pemrograman yang populer digunakan untuk mengembangkan aplikasi web, sedangkan TS atau TypeScript adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Microsoft sebagai superset dari JavaScript. Berikut adalah beberapa perbedaan JavaScript dengan TypeScript:

  • Tipe Data
    JavaScript adalah bahasa yang tidak memiliki tipe data yang ketat, sehingga variabel dapat memiliki tipe data yang berbeda-beda pada saat yang berbeda. Sedangkan pada TypeScript, tipe data variabel harus ditentukan pada saat deklarasi dan variabel tersebut hanya dapat menerima nilai yang sesuai dengan tipe data yang telah ditentukan.
  • Static vs Dynamic Typing
    JavaScript adalah bahasa yang menggunakan tipe data dinamis, sehingga tipe data variabel dapat berubah-ubah selama program dijalankan. Sedangkan pada TypeScript, tipe data statis digunakan untuk memberikan pengecekan tipe data sebelum program dijalankan. Hal ini memungkinkan developer untuk mendeteksi kesalahan pada saat pengembangan aplikasi.
  • Modularitas
    JavaScript tidak memiliki dukungan bawaan untuk modularitas dan mengandalkan penyelesaian masalah melalui pola desain seperti Revealing Module Pattern. Sedangkan pada TypeScript, pengembangan modul lebih mudah karena mendukung fitur seperti namespace dan export/import.
  • Error Handling
    TypeScript menangani error dan debugging dengan lebih baik daripada JavaScript. TypeScript dapat memberikan error message yang lebih spesifik dan membantu developer untuk memperbaiki kesalahan pada kode.
  • Komunitas
    JavaScript memiliki komunitas pengembang yang besar dan luas, dengan banyak library dan framework untuk memudahkan pengembangan aplikasi web. Sedangkan TypeScript memiliki komunitas yang lebih kecil dan terfokus pada pengembangan aplikasi enterprise dan besar.

Secara keseluruhan, TypeScript dapat membantu developer untuk mengembangkan aplikasi yang lebih besar, kompleks, dan terstruktur. Namun, untuk aplikasi web kecil dan sederhana, JavaScript mungkin masih menjadi pilihan yang lebih baik karena lebih sederhana dan mudah dipahami.

Photo of author

Ahmad Budairi

Ahmad Budairi, S.Pd. | Seorang Web Developer sekaligus kader Gerakan Pemuda Ansor yang sangat suka menulis artikel. Saya di sini akan lebih banyak menulis seputar Laravel, vue, vuetify, inertiajs, dan hal lain yang berhubungan dengan web development.Kontak: budairi.contact[et]gmail[dot]com