3 Bahasa Markah Populer Selain HTML

Tahukah kamu bahwa ada bahasa markup atau markah selain HTML? Artikel ini akan mengulas 3 bahasa markah populer selain HTML yang sering digunakan tapi seringkali juga tidak disadari. Namun, sebelum melangkah ke sana, ada baiknya kita bahas dulu apa itu HTML.

HTML (Hypertext Markup Language) adalah bahasa markah yang digunakan untuk membuat halaman web dan konten web. Bahasa markah adalah cara untuk menambahkan anotasi atau tanda pada teks untuk memberi tahu komputer bagaimana harus menginterpretasikan teks tersebut. HTML digunakan untuk menandai teks, gambar, dan elemen-elemen lain pada halaman web dan mengatur tata letak halaman tersebut. HTML biasanya digunakan bersama dengan CSS (Cascading Style Sheets) dan JavaScript untuk membuat halaman web yang interaktif dan menarik.

Setelah kita ulas sedikit, selanjutnya mari kita bahas 3 bahasa markah populer selain HTML.

XML (eXtensible Markup Language)

XML adalah bahasa markah yang dirancang untuk memfasilitasi pertukaran data antar platform. XML digunakan untuk mendefinisikan struktur dokumen dan memberikan makna pada data yang terkandung di dalamnya. XML digunakan dalam berbagai aplikasi seperti SOAP (Simple Object Access Protocol), RSS (Rich Site Summary), dan SVG (Scalable Vector Graphics). Bahkan Office Word pun saat ini menggunakan standar dalam bentuk XML yang dinamakan Open Office XML (OOXML).

Markdown

Markdown adalah bahasa markah yang dirancang untuk memudahkan penulisan dokumen yang dapat diubah menjadi HTML atau format lainnya. Markdown menggunakan sintaks sederhana untuk mengatur format teks seperti penggunaan tanda asterisk (*) untuk membuat teks miring, tanda underscore (_) untuk membuat teks bergaris bawah, dan tanda pagar (#) untuk membuat heading.

YAML (YAML Ain’t Markup Language)

YAML adalah bahasa markup yang dirancang untuk memudahkan penulisan konfigurasi dan data terstruktur. YAML menggunakan indentasi untuk menentukan struktur data dan menggunakan tanda titik dua (:) untuk menentukan kunci dan nilai. YAML digunakan dalam berbagai aplikasi seperti konfigurasi server, definisi tugas dalam pemrograman, dan definisi dokumen dalam framework seperti Jekyll dan Hugo.

Demikianlah artikel mengenai 3 bahasa markah populer selain HTML. Pada artikel berikutnya akan dikupas lebih detail masing-masing bahasa tersebut beserta studi kasus penggunaannya. Stay tuned terus, ya.

Photo of author

Ahmad Budairi

Ahmad Budairi, S.Pd. | Seorang Web Developer sekaligus kader Gerakan Pemuda Ansor yang sangat suka menulis artikel. Saya di sini akan lebih banyak menulis seputar Laravel, vue, vuetify, inertiajs, dan hal lain yang berhubungan dengan web development.Kontak: budairi.contact[et]gmail[dot]com